BEI Menyatakan Instrumen Pasar Modal Syariah Adalah Halal!

10 Jul 2016

Kepala Pengembangan Pasar Bursa Efek Indonesia (BEI), Irwan Abdollah menegaskan, pemerintah melalui BEI memastikan instrument pasar modal syariah halal dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Instrumen pasar modal syariah dipastikan halal dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Hal ini telah dikemukakan oleh Kepala Pengembangan Pasar Bursa Efek Indonesia (BEI).

Selain itu, pasar modal syariah telah disetujui oleh MUI pada fatwa No.8 tahun 2011 tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Regular Bursa Efek. Fatwa ini pun telah disahkan oleh DSN MUI pada 8 Maret 2011.

Pasar modal syariah menggunakan mekanisme tawar menawar yang menggunakan akad Bai Al Musawamah, sehingga bersifat adil. Beberapa aturan syariah pun diterapkan seperti akad jual beli (Ba’i), efek yang ditransaksikan adalah efek bersifat ekuitas yang sesuai syariah, dan saham yang sudah dibeli dapat ditranskasikan kembali sesuai prinsip Qabdh Hukmi.

Investasi syariah merupakan jual beli efek syariah di pasar modal syariah untuk mendapatkan return di masa datang. Adapun cara menjadi investor saham syariah yang cerdas dan teredukasi adalah Buka, Beli, Nabung. Buka rekening saham, beli saham syariahnya, sisihkan uang dan nabung.


TAGS lomba


-

Author

Follow Me


Archive