Viral! The Power of Emak-emak Yang Mengalahkan Polisi di Kota Surabaya

14 Aug 2017

Surabaya adalah kota yang memiliki berbagai nama julukan. Mulai disebut sebagai kota Metropolitan, kota Adipura Kencana, kota Religi, kota Pahlawan dan sebagainya. Kota yang terpadat penduduknya setelah kota Jakarta. 

Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72, digelar event Surabaya Marathon 2017. Program pemkot Surabaya dalam upaya menyehatkan warganya. 

Gelaran tersebut, terpaksa menutup sebagian jalan protokol kota Surabaya. Mulai dari jalan Gubeng Pojok, Pemuda, Panglima Sudirman, Urip Sumoharjo, Darmo, Kebun Binatang Surabaya, Diponegoro, Ciliwung, Adityawarman, Mayjen Sungkono, Indragiri, Dr Soetomo, Basuki Rachmat, Embong Malang, Blauran, Bubutan, Kebon Rojo, Pahlawan, Gubernur Suryo, dan Yos Sudarso. Penutupan jalan tersebut, sudah disosialisasikan melalui media setempat. Baik itu cetak, online hingga radio. 

Sayangnya, tak semua masyarakat kota Surabaya menerima sosialisasi tersebut. Jalanan yang harusnya ’steril’ dari kendaraan bermotor, banyak warganya yang keluar pada jam-jam tersebut. Akibatnya, terjadi penumpukan kendaraan dan macet di salah satu titik protokol kota Surabaya. 

Seperti unggahan video oleh pemilik akun FB yang bernama Ipul Ardhan ini, 

Dari video tersebut, semua pengendara bermotor tak sabar dengan penutupan jalan tersebut. Parahnya, mereka malah meng-klakson petugas kepolisian yang sudah mengamankan jalanan tersebut sejak pagi. Tak pelak, kondisi jalanan pagi itu berasa seperti merayakan tahun baru masehi.

Salah satu emak-emak yang terjebak kemacetan harus turun dan beragumentasi dengan salah satu petugas kepolisian. Entah apa yang mereka berdua perdebatkan dari kondisi tersebut. Terlihat dari video, petugas tetap teguh dengan tugasnya dan emak-emak itu kembali ke arah kemacetan sambil membuka salah satu portal jalan. Beberapa menit kemudian, petugas kepolisian luluh dan mengurai kemacetan yang sempat terjadi di simpang jalan depan Kebun Binatang Surabaya. 

Melalui tulisan ini, eikeh gak habis pikir dengan kejadian tersebut. Pemerintah setempat sudah sosialisasi sebaik mungkin akan adanya penutupan jalan dari gelaran tersebut. Namun, mengapa sebagian (oknum) masyarakat kota Surabaya tak mengindahkannya? Ini kota Metropolitan lho… 

Unggahan video tersebut menjadi viral di kalangan netizen, khususnya kota Surabaya. Dibagikan lebih dari 1000 kali dan mendapatkan lebih dari 170 komentar. 

Menurut kalian bagaimana? Silakan berbagi opini melalui kolom komentar.. 


TAGS opini viral


-